Jumat, 30 Desember 2016

Seputar Game Development.

Pada blog kali ini akan membahas sedikit tentang game development . Dalam dunia pembuatan perangkat lunak atau software development, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah SDLC (Software Development Life Cycle), yang isinya merupakan tahapan-tahapan pekerjaan yang dilakukan saat membangun sebuah perangkat lunak.
Game Development hampir sama dengan software development sebenarnya, tetapi dengan beberapa penambahan, karena membuat sebuah game yang kelihatannya `kurang serius` dan terkesan main-main justru tahapan pekerjaan yang dilakukan lebih kompleks.
Dan karena adanya beberapa perbedaan, muncullah istilah GDLC (Game Development Life Cycle), yang isinya merupakan panduan tahapan pekerjaan dalam membangun sebuah game.
Beberapa tahapan GDLC, antara lain :
  • Concept :
    • When the game concept is written down
    • When brainstorming occurs
    • When ideas are generated
  • Prototype :
    • Game is developed so that users can start to experience the fun
    • Typically lasts 2-4 months
  • Pitch :
    • Game developers pitch their game to management or publisher’s representatives
    • Explains
      • why the game is a great concept,
      • why it is ready and right for the video game market,
      • wheter it is producible,
      • how it will be developed
  • Green Light :
    • Begin after pitch is approved for production
    • Involves gathering a team to begin working on the game
    • May involve interviewing and contacting several video-game development companies to assemble the right team for the game
    • Often, a game cannot enter pre-production until business and legal issues are resolved
  • Pre-Production :
    • Works on defining production pipelines
    • Identifying the needs and uses of the tools they’ll need
    • Outlining and fleshing out details behind game’s design
  • Production :
    • When the game building actually begins
    • Often a long process – at least 12 months, often much longer
  • Quality Assurance :
    • Also known as testing phase
    • About 3-4 months before the game is scheduled to go to manufacturing
    • The game is tested for bugs, errors, deficiencies, incompatibilities
  • Final Gold Master :
    • When game is sent to the publisher or hardware manufacturer
    • There is a potential for revisions
Perbedaan yang sangat kentara adalah ketika tahap prototype dan pitch, karena dalam game development biasanya terdapat rangkaian misi dan level, nah sebuah prototypebiasanya berbentuk satu level gameplay yang sudah bisa dimainkan oleh pengguna. Jika prototype tersebut mendapatkan lampu hijau, maka proses development bisa dilanjutkan.
Selain itu, kita harus memperhatikan beberapa hal selama membangun sebuah game, seperti :
  • Graphics programming (including shader development)
  • Animation
  • Physics simulation
  • AI and gameplay
  • Audio
  • Networking (typically fairly low-level stuff)
Masih ada juga aspek di luar sisi programming seperti story dan goal memainkan sebuah game, dimana beberapa hal itu tidak terlalu berpengaruh besar ketika kita ada di lingkungan software development biasa.
Seperti halnya SDLC yang bermacam-macam jenisnya, GDLC juga mempunyai banyak pendekatan, jadi tidak hanya terpaku pada langkah-langkah di atas. Masih banyak alternatif lainnya.
game-development-life-cycle
Semoga blog ini dapat menambah pengetahuan kalian tentang game development . Terima Kasih.
Sumber : http://arifsetiawan.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar